Faktor Penyebab Terjadinya Krisis Keuangan Global

Faktor Penyebab Terjadinya Krisis Keuangan Global

1. Penumpukan hutang nasional hingga mencapai 8,98 trilyundolar AS sedangkan PDB hanya 13 trilyun dolar AS.
2. Terdapat program pengurangan pajak korporasi sebesar 1,35 trilyun dolar (akibatnya pendapatan AS berkurang)
3. Pembengkakan biaya perang Irak dan Afganistan (hasilnya Irak tidak aman dan Osama bin Laden tidak tertangkap juga)setelah membiayai perang Korea dan Vietnam.
4. CFTC (Commodity Futures Trading Commision) sebuah lembaga pengawas keuangan tidak mengawasi ICE (Inter Continental Exchange) sebuah badan yang melakukan aktifitas perdagangan berjangka, dimana ECE juga turut berperan mendongkrak harga minyak hingga lebih dari USD 100/barel.
5. Subprime Mortgage: kerugian surat berharga property sehingga membangkrurtkan Merryl lynch, Goldman Sachs, Northem rock, UBS, Mitsubishi USJ.
6. Keputusan suku bunga murah dapat mendorong spekulasi.

Dari beberapa faktor penyebab terjadinya krisis keuangan global tersebut diatas, penyebab point lima-lah yang dianggap paling berperan. Terjadinya Subprime Mortgage (over-supply akan perumahan, Mark-up harga perumahan,dan gaya hidup orang Amerika), karena dari tahun 1997-an di Amerika sedang ramai-ramainya bidang property. Karena sedang ramai-ramainya bisnis property, banyak lembaga keuangan ataupun lembaga pembiayaan yang berinvestasi dibidang property sehingga lambat laun terjadi over-supply dan menurunnya harga perumahan. Setelah harga perumahan menurun, kredit perumahan banyakmelanda masyarakat kelas bawah dengan melalui kredit pada lembaga pembiayaan ataupun melalui free money. 

Disisi lain, para broker atau agent perumahan menaikkan harga perumahan dari harga yang sebenarnya dengan kata lain kegiatan mark-up ini mengakibatkan perumahan dibayar dengan harga tinggi dari harga yang sebenarnya dan jumlah utang yang dimiliki masyarakat semakin banyak jumlahnya. Karena jumlah utang masyarakat banyak, pembayaran angsuran dilakukan dengan kartu kredit sehingga besarnya utang semakin bertambah dan akhirnya masyarakat tidak mampu membayar utangnya. Keadaan diperparah lagi dengan dijual-belikannya surat utang KPR tersebut di Financial Market, sehingga banyak pihak yang mengalami kerugian.

Ketika kredit macet dengan jumlah yang sangat besar, lembaga kredit bangkrut dan mengalami kesulitan likuiditas. Hal ini memicu penurunan tingkat kepercayaan di pasar financial, yang mengakibatkan jatuhnya nilai saham dan surat-surat berharga lainnya. Pasar financial merupakan sektor penting dalam sistem kapitalisme. System ini menggunakan ideologi neoliberalisme,dimana ekonomi menekankan pada kebebasan pasar, efisiensi ekonomi dan mengurangi intervensi pemerintah. sektor fnanial yang seharusnya hanyalah supporting bagi sektor riil, justru mendominasi.

Proses akumulasi modal telah bergeser dari modal produktif menjadi perjudian spekulatif di pasar uang dan pasar modal. Tiga puluh tahun yang lalu traansaksi valuta asing 90% terkait dengan sektor riil (perdagangan dan investai jangka panjang), sekarang lebih dari 90% transaksi adalah aliran modal financial jangka pendek (bahkan >80% krang dari seminggu) yang hanya diarahkan untuk spekulasi keuntungan (dikenal dengan hot money). Hal ini menyebabkan sistem kapitalisme global rentan krisis. Bila kepercayaan hilang (seperti kasus subprime mortgage) hot money akan ditarik dan pasar saham berjatuhan . krisispun terjadi.
thumbnail
Judul: Faktor Penyebab Terjadinya Krisis Keuangan Global
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Pendidikan :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz